Minggu, 10 Oktober 2010

perkembangan perangkat lunak

Dari perkembangan perangkat lunak, ita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak.

Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang
di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah /
off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai
mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte),
double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti
penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di
ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin
sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode
tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari
masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti
bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah
menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses
yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam
pembuatannya.

Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti
penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di
ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin
sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode
tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari
masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti
bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah
menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses
yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam
pembuatannya.

EVOLUSI PERANGKAT LUNAK

Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke
antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang
sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah
menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer
saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin
untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan
dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung

dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di
lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di
proses

Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya
oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri /
perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat
lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai
bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di
jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses
yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak
mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung
(real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan
antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).

Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat
lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat
lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas
menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara
langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di
dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada
sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun
telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.
Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin
cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur
operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan
mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan
sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah
menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang

melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan
yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain
permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan
gambar.

KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan
perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3
macam yaitu :

1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke
dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman
di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah
yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen
penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang
bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2,
Apple’s System 7
3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi
tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting),
memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk
(partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility

Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat
banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang
di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123,
Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan
pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office
dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di
berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang
terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database),
dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah
aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp
untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang
dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di
gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messenger.

Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer
seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan
Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis
prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM
dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh
perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM
PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2
aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang
di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu
bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah atau
di modifikasi oleh setiap orang.
Aplikasi Office
Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan
pemroses tabel

Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang
sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran,
pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata
juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat.
Pemroses tabel biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang
menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang di gunakan adalah
penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya
seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi
pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya
perhitungan bulanan.
Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia
karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses /
menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.
Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan.
Aplikasi Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan
untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi
pengaturan.
MIDI (Musical Instrument Digital Interface) , format suara instrumen ini di
perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland,
Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang
kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang
memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ
elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.

MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya
instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas
suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang
banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz,
16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5
KHz, 8 bit, mono).

MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh
ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.

AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di
pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau
PowerPoint
Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer
berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan
tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-
kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan,
dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.
Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan
aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk
berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan.
Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi
pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi
pengguna yang umum di gunakan adalah :

1. HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang
menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri
tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat
dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. browser adalah Internet
Explorer dan Netscape.
komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film
(webcam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar