Minggu, 10 Oktober 2010

Metrik Perangkat Lunak

Metrik perangkat lunak ( software metric) adalah satuan pengukuran untuk perangkat lunak. Satuan digunakan untuk mengukur suatu besaran. Dalam hal ini besaran yang diukur adalah perangkat lunak.
Kegunaan pengukuran diantaranya:
- Membandingkan antara perangkat lunak
Dengan metrik perangkat lunak kita dapat mengukur besarnya suatu perangkat lunak. Dengan demikian kita dapat menjawab pertanyaan seperti: apakah perangkat lunak untuk menara pengawas bandara lebih besar daripada perangkat lunak untuk kasir (point of sales)?
- Menghitung usaha yang dibutuhkan untuk membuat suatu perangkat lunak
Untuk membuat perangkat lunak yang besar tentu dibutuhkan usaha yang lebih besar pula. Makin besar usahanya, makin besar biayanya. Maka kita dapat memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak dengan mengukur besarnya perangkat lunak tersebut.
Beberapa jenis metrik perangkat lunak:
- Jumlah Baris Kode (line of code)
Adalah satuan pengukuran perangkat lunak berdasarkan jumlah baris dalam naskah program (source code) dari suatu perangkat lunak.
- Bobot fungsionalitas (function point)
Adalah satuan pengukuran yang mendasarkan pada macam-macam fungsionalitas yang terdapat pada suatu perangkat lunak. Jadi untuk menggunakan satuan ini kita harus memberi bobot (point) dari masing-masing fungsionalitas tersebut. Total jumlah bobot akan menentukan besarnya perangkat lunak tersebut.
Tentu saja perangkat lunak yang hanya menampilkan sebaris tulisan di layar jauh lebih sederhana daripada yang mengelola data pegawai, karena yang mengelola data pegawai memiliki fungsionalitas lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar